Senin, 19 April 2010

Ujian Hidup

Konon kabarnya,menurut para ahli mutiara yg mahal itu brasal dr masuk'y sebutir pasir k'dlm tiram yg terbuka. Pasir yg masuk ini trnyata mnimbulkan sakit yg luar biasa shingga untuk mnahan rasa sakit trsebut sang tiram membungkus pasir itu dengan "air liurnya" terus menerus selama bertahun-tahun. Secara tidak sadar telah menghadirkan mutiara yang indah dan mahal harganya.

Terkadang hidup ini perlu merasakan rasa sakit dan ujian bahkan jatuh hingga titik nol untuk menemukan esensi nilai hidup itu sendiri.Banyak orang menerjemahkan ujian hidup dan penderitaan sebagai suatu bagian dari kegagalan hidup. Itulah sebabnya ia mengatakan "No failure, only succces delayed". (Tidak ada kegagalan, melainkan hanya sukses yang tertunda).

Bagaimana memaknai setiap ujian hidup, menjadi sangat berarti bagi kita semua untuk meraih dan menikmati hikmahnya. Seorang rekan sesama trainer (instruktur) yang selalu aktif dengan omset besar pada akhir tahun lalu harus opname d'rumah sakit selama beberapa minggu karena serangan stroke ringan, selain itu beliau pun harus menjalani fisioterapi pasca opname. Rekan ini sangat bersyukur dengan kondisi sakitnya itu, karena menginap d'rumah sakit rupanya menjadi waktu yang indah untuk menikmati arti hidup dan tujuan hidup.

"Ternyata harta dan omset bukan segala-galanya. Bukankah ketika mati lampu adalah kesempatan bagi kita untuk menikmati indahya terang?" demikain tuturnya.

Apa masalah kita saat ini? Keluarga yang yidak harmonis? Anak yang susah d'atur? Uang yang selalu tidak cukup d'tengah-tengah kenaikan biaya hidup yang semakin tinggi? Atau karier yang tidak berjalan mulus?

Tampaknya,kita perlu merenungkan kembali bahwa matahari akan selalu tetap bersinar. Seandainya saat ini mendung, bukan berarti matahari berhenti bersinar. Mungkin ini kesempatan untuk menikmati keteduhan, barang sejenak melakukan refleksi hidup, atau Sang Pencipta hendak "berbicara" banyak kepada kita karena ketika kita sibuk ada kalanya suara-Nya nyaris tak terdengar. Cepat atau lambat mendung akan berlalu dan matahari akan menunjukkan wajahnya kembali. Kalaupun mendung menjadi hujan, habis hujan pasti tampak pelangi indah.

Tidak ada komentar: